Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Husain Kotagajah Lampung Tengah

Authors

  • Erik Saparudin Unversitas Ma’arif Lampung (UMALA), Indonesia
  • Irhamudin Irhamudin Universitas Ma’arif Lampung (UMALA), Indonesia
  • Adi Wijaya Universitas Ma’arif Lampung (UMALA), Indonesia

Keywords:

Metode Qiroati, Pembelajaran Al-Qur’an, Pondok Pesantren

Abstract

Proses kegiatan pengajaran Al-Qur’an tidak selamanya berjalan mulus sesuai dengan yang di harapkan. Pada kenyataannya, dalam proses kegiatan pembelajaran sering ditemui kendala-kendala yang menghambat lancarnya sebuah pendidikan. Hambatan yang sering ditemui pada pondok pesantren Al-Husain Kotagajah diantaranya adalah dilihat dari segi kualitas bacaan, masih terdapat beberapa santri yang pelan dalam membaca Al-Qur’an. Sehingga perlu suatu metode pembelajaran al-Qur’an yang tepat seperti metode Qiroati. Jenis penelitian ini penelitian Tindakan kelas (classroom action research). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, adapun tiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 santri. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Penelitian ini dianggap berhasil jika minimal 75% santri telah mencapai standar indicator sesuai dengan aspek yang telah ditetapkan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa: penggunaan metode Qiroati dapat meningkatkan kemampuan membaca al-Qur’an pada santri Pondok Pesantren Al-Husain Kotagajah. Hal ini berdasarkan dua indikator keberhasilan penelitian, yakni jumlah santri yang mencapai ketuntasan dalam membaca al-Qur’an mengalami peningkatan sejak pra siklus, siklus pertama, hingga siklus kedua dan persentase jumlah santri yang mencapai ketuntasan dalam membaca al-Qur’an pada siklus kedua mencapai 80%, melampaui indikator keberhasilan penelitian sebesar 75%

References

Miswanto, Agus, (2018). Ushul Fiqih: Metode Ijtihad Hukum Islam Jilid 2, Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Syukron, Agus Salim, (2019). “Fungsi Al-Qur’an bagi Manusia”, Al-I’jaz, Vol.1 No.1.

Mahardini, Fadia Faqih, dkk, (2021). “Penerapan Metode Qiroati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur'an di Madrasah Al-Rizki”, Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: XXVIII.

Hidjanah dan Adiyati Fathu Roshonah, (2017). “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ujaran Anak Usia 4-5 Tahun melalui Metode Qiraati (di RA Raudhatul Muthmainnah, Cikarang Barat, Bekasi)”, Yaa Bunaya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 1, No. 1.

Al-Qattan, Manna Khalil, (2018). Pengantar Studi Ilmu Qur’an. Bogor : PT. Pustaka Litera Antar Nusa.

Alwi, Muhammad, (2021). “Bacaan Al-Qur’an dengan Hambatan Bicara: Perspektif Kelisanan Al-Qur’an”, INKLUSI Journal of Disability Studies, Vol. 8, No. 2.

Fitri, Riskal dan Syarifuddin Ondeng, (2022). “Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter”, Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 1.

Anwar, Rosihon, (2018). Pengantar Ulumul Qur’an, Bandung: Cv Pustaka Setia.

Lubis, Sakban dan Muhammad Roihan Nasution, (2019). “Nilai Pendidikan Pada Surah Al-Alaq Ayat 1-5 Menurut Quraish Shihab”, Al-Hadi, Vol. 4, No. 2.

Arikunto, Suharsimi, (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Abidin, Zainal, (2017). “Model Pembelajaran Al-Qur`an Bagi Pemula (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Azhar Peterongan Jombang)”, Sumbula: Vol. 2, No. 1.

Downloads

Published

2024-02-02

How to Cite

Saparudin, E., Irhamudin, I., & Wijaya, A. (2024). Implementasi Metode Qiroati dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Husain Kotagajah Lampung Tengah. EJIP : Educational Journal of Innovation and Publication, 2(3), 189–201. Retrieved from http://ejournal.periexca.org/index.php/ejip/article/view/75